Header Ads

Himpaudi Jayaa

Dispendik Gelar Workshop Penyusunan Kalender Akademik PAUD



Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo, Senin (4/9/2017) menggelar workshop penyusunan kalender akademik PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) di SKB Kraksaan.

Kegiatan ini diikuti oleh 165 orang peserta terdiri dari unsur SKB, penilik, penilik PAUD, pengawas TK, Ketua Himpaudi Kecamatan, Ketua IGTKI dan unsur PKG (Pusat Kegiatan Gugus) PAUD.

Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan PNF Dispendik Kabupaten Probolinggo Solikin menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan menyamakan persepsi dan pemahaman tentang kalender pendidikan dan regulasi PAUD yang harus benar-benar diterapkan di lapangan dengan penjaminan dan pengendalian pengawas TK dan penilik PAUD.

“Melalui kegiatan ini diharapkan para penyelenggara pendidikan dalam hal ini pengawas TK dan penilik PAUD serta semua stakeholder baik PTK benar-benar bisa memahami dan mengimplementasikan regulasi yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, “harapnya.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) RI Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standart PAUD jelas Solikin, ada 10 kelompok layanan pendidikan PAUD yang diberikan berdasarkan tumbuh kembang anak. Meliputi usia 0-3 bulan, 3-6 bulan, 6-9 bulan, 9-12 bulan, 12-18 bulan, 18-24 bulan, 24-36 bulan, 36-48 bulan, 48-60 bulan dan 60-72 bulan.

“Intinya, anak bisa mendapatkan layanan pendidikan sesuai dengan kelompok usianya. Karena pendidikan PAUD ini dilakukan berdasarkan dengan kelompok usia anak,” pungkasnya.

Dalam kegiatan ini hadir narasumber dari Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan PNF Dispendik Kabupaten Probolinggo Solikin dan Joko Siswantoro dari IPI (Ikatan Penilik Indonesia) Kabupaten Probolinggo.

Dari Dispendik, materi yang diberikan adalah kebijakan PAUD yang berkaitan dengan Permendikbud RI Nomor 84 Tahun 2014 Tentang Pendirian PAUD, Permendikbud RI Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standart PAUD dan Permendikbud RI Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 PAUD.

Sementara dari IPSI, materi yang diberikan meliputi penyusunan kalender PAUD yang dijadikan pedoman hari pembelajaran efektif sekaligus disesuaikan dengan karakteristik dan kondisi masing-masing satuan pendidikan PAUD. Serta pemahaman alur perencanaan pembelajaran PAUD Kurikulum 2013.

Pada kesempatan tersebut juga diserahkan kegiatan parenting menjadi orang tua yang hebat bagi anak usia PAUD. Serta pembagian poster dari Sahabat Keluarga Kemendikbud RI.

Sumber : probolinggokab.go.id

No comments